Cocokan Kosmetik yang Akan Kamu Gunakan dengan Jenis Kulit Kamu

kulit berminyak Skin skin care

Variasi warna yang dimiliki oleh setiap orang berbeda  beda, selain warna jenis kulit juga berbeda. Dengan perbedaan ini perlakuan terhadap kulit yang dilakukan juga berbeda. Untuk mengoptimalkan perlakuan pada kulit wajah tentunya perlu adanya pengetahuan tentang jenis jenis kulit. Jenis jenis kulit diantaranya :

1. Kulit normal

Karakteristik kulit ini adalah kulit yang paling baik, karena memiliki tingkat ke lembapan yang normal, kulit wajah tidak nampak mengkiap. selain itu pori pori kulit cenderung kecil dan minyak pada wajah tidak begitu banyak. Kulit jenis ini memiliki kecenderungan kecil untuk menghasilkan jerawat. Kosmetik yang cocok digunakan untuk kulit jenis ini adalah kosmetik yang mengandung bangkuang.

2. Kulit berminyak

Karakteristik kulit ini memiliki pori pori kulit yang besar, kulit terlihat mengkilap, dan bertekstur tebal. Kulit jenis ini sangat mudah berjerawat sehingga perlu perlakuan ekstra. Kosmetik yang cocok digunakan untuk kulit jenis ini adalah kosmetik yang mengandung lemon, atau mengandung buah aprikot.

3. Kulit kering

Karakteristik kulit ini adalah pori pori kecil, kulit terlihat kusam dan kasar, kulit tidak begitu elastis, kelembapan cukup rendah dan kulit nampak kemerahan. Kosmetik yang cocok digunakan untuk jenis kulit ini adalah kosmetik yang mengandung pelembab seperti mentimun.

4. Kulit kombinasi

Karakteristik kulit ini berpori pori melebar, memiliki komedo dan diarea T wajah cenderung berminyak. Jadi untuk penanganannya kulit ini dapat menggunakan kosmetik untuk kulit normal.

5. Kulit sensitive

Karakteristik kulit ini adalah kemerahan, dari pori pori kulit tidak jauh berbeda dengan kulit normal ataupun kulit kering. Akan tetapi jenis kulit ini akan menimbulkan reaksi ketika berkenaan dengan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulitnya. Selain itu paparan sinar matahari juga dapat menimbulkan reaksi seperti kemerahan, gatal, terasa terbakar, dan menjadi kering. Sebaiknya menggunakan kosmetik yang khusus untuk kulit sensitive.

Dengan pengetahuan karakteristik jenis kulit tersebut, kita dapat menyesuaikan penggunaan kosmetik yang baik dan tepat untuk wajah kita, sehingga tidak mengalami efek samping yang tidak diinginkan.


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published