Alat alat makeup juga sebgai penunjang keberhasilan hasil akhir makeup.

Brushes Cantik Daily Foundation Makeup Makeup ritual makeup rutin Spons tools

Sebagai penunjang penampilan riasan wajah dibutuhkan untuk berbagai kesempatan. Untuk memaksimalkan hasil riasan wajah perlu menggunakan alat alat yang sesuai dengan kosmetik yang akan diaplikasikan, berikut adalah ulasan mengenai peralatan yang digunakan untuk merias wajah.

Hair ban

Digunakan untuk mencegah jatuhnya rambut ke wajah pada saat merias, jatuhnya rambut dapat menyebabkan foundation atau kosmetik lainnya yang sedang diaplikasikan tidak dapat merata ke bagain yang tertutup oleh rambut, rambut dapat membuata garis halus pada permukaan wajah yang membuat riasan tidak sempurna. Sebagai pengganti hair ban dapat juga menggunakan hair strap atau jepit bebek yang memiliki fungsi yang sama dengan hair ban.

Cape rias

Digunakan untuk mencegah agar baju tidak terkena makeup yang berjatuhan. Biasanya perias pengantin menggunakan cape ukuran besar sedangkan perias untuk moment moment tertentu menggunakan cape yang ukuran sedang atau kecil. Jika tidak menggunakan cape rias, perias juga dapat menggunakan beberapa lembar tissue untuk menutupi bagian baju yang secara tidak langsung akan terkena serpihan kosmetik.

Kuas

Kuas digunakan untuk mengaplikasikan berbagai kosmetik. Kuas memililki beberapa bentuk diantaranya adalah kuas bedak, yang digunakan untuk mengaplikasikan bedak didaerah wajah maupun leher. Selanjutnya adalah kuas pipi atau blusher, kuas ini ukurannya lebih kecil dari kuas bedak karena arena aplikasinya lebih kecil. Kuas pembentuk atau contour brush  yang digunakan untuk mengaplikasikan shading pada bagian bagain wajah yang harus ditutupi kekurangannya. Kuas foundation  yang digunakan untuk mengaplikasikan foundation liquid atau cair pada wajah.

Kuas alis, berbentuk seperti sikat yang digunakan untuk merapihkan alis dapat juga untuk mewarnai alis. Kuas garis mata, digunakan untuk mengulaskan eyeliner baik yang berbentuk liquid atau gel, kuas ini berbentuk runcing dengan bulu bulu yang sedikit sehingga dapat mnjangkau bagian line mata yang tidak terlalu luas.

Kuas pembaur, kuas ini digunakan untuk membaurkan warna perantara pada eyeshadow. Kuas ini membuat warna perantara pada eyeshadow tidak terlalu blocked  sehingga terlihat menyatu pada warna kulit dibagian atas dan warna eyeshadow dibagian bawah. Kuas aplikator adalah kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow ke kelopak mata. Kuas bibir, adalah kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan warna bibir, kuas ini digunakan untuk pewarna bibir yang berupa stick atau pallete.

Pinset

Pinset digunakan untuk mencabut bulu alis yang tidak diinginkan sehingga alis tampak rapih. Pinset juga digunakan untuk meletakan bulu mata palsu diatas bulu mata asli.

Spons

Benda ini sangat umum digunakan untuk mengaplikasikan foundation atau als bedak. Ukuran spons berbeda beda ada yang kecil berbentuk seperti tetesan air yang berfungsi untuk pengaplikasian disekitar mata, spons berukuran besar yang berbentuk seperti tetesan air berfungsi untuk mengaplikasikan foundation  pada setiap bagian wajah dan meratakannya. Spons yang bersegi seperti segitiga atau segi empat digunakan untuk mengaplikasikan foundation pada bagian bagian wajah yang sulit dijangkau seperti sela hidung, dan cupido.

Penjepit bulu mata

Digunakan untuk melentikan bulu mata.

Scotch

Digunakan untuk mengganjal keopak mata yang turun atau untuk membentuk kelopak mata. Scotch biasanya digunakan untuk orang yang memiliki bentuk mata single eyelid atau tidak memilikli lipatan mata sehingga penggunaannya dapat membentuk lipatan kelopak mata. Sedangkan untuk mata menurun yang biasanya dimiliki oleh orang tua atau orang yang berbentuk mata turun berfungsi untuk mengangkat kelopak mata sehingga mata tampak segar. Scotch terdiri dari 2 macam, ada yang polos dan glitter.

Bulu mata palsu

Penggunaan bulu mata palsu bertujuan untuk membuat volume bulu mata semakin tebal.  Bulu mata terdiri dari dua yaitu bulu mata palsu bagian atas dan bulu mata palsu bagian bawah. Jenis jenis bulu mata palsu antara lain bulu mata palsu penuh digunakan untuk mata dalam dan mata menurun. Bulu mata setengah penuh diugnakan untuk mata kurang ekspresif, bulu mata satuan digunakan untuk mata sipit, bulu mata ini dapat dipasang satu persatu dan disesuaikan dengan bulu mata yang diinginkan. Bulu mata natural digunakan untuk mata kecil, selain itu bulu mata palsu natural ini dugunakan untuk pemakaian sehari hari agar terlihat lebih alami. Bulu mata sudut dapat digunakan agar mata terlihat lebih besar. Bulu mata silang, bisa digunakan untuk mata sayu.

Gunting kecil

Digunakan untuk merapihkan bulu alis yang terlalu panjang sehingga alis dapat terlihat rapi pertumbuhannya tidak keluar garis alis yang diinginkan. Gunting juga dapat digunakan untuk memangkas bulu mata palsu yang kepanjangan atau tidak sesuai dengan panjang line  mata klien.

Lem bulu mata

Lem khusus yang dibutuhkan untuk merekatkan bulu mata pada line mata.

Peraut pensil

 Digunakan untuk mernajamkan semua kosmetik yang berbentuk pensil

Cotton bud

Berfungsi untuk mengoreksi bentuk alis menyempurnakan riasan mata dan bibir dan juga untuk menyerap air mata yang sering kali keluar karena mata yang sensitive saat dibubuhi kosmetik mata.

Dengan artikel ini kamu bisa mengetahui kegunaan alat alat untuk makeup~

semoga bermanfaat


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published