Kosmetik Tradisional yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Mudah

Banyak sekali jenis kosmetika yang dapat kita gunakan untuk menjaga kesehatan kulit baik kulit wajah, kulit rambut maupun kulit tubuh. Sediaan kosmetikadapat terbuat dari bahan kimia ataupun bahan alami, artikel ini akan membahas tentang kosmetika perawatan wajah yang terbuat dari bahan alami, dan dapat dibuat sendiri dirumah.

Sediaan kosmetika yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah komposisi dari bedak dingin beserta khasiat yang dimilikinya.

Bedak dingin biasanya digunakan untuk membantu membuat kulit merasa lebih nyaman, serta melindungi wajah. Bahan untuk membuat bedak dingin adalah beras, , sari bengkuang,bunga mawar, bunga kenanga, pandan bunga melati dan bunga cempaka, dan bunga sedam malam. Bahan utama dari bedak dingin adalah beras yang memiliki kandungan pati atau amilum disamping protein, vitamin dan lain lain.  Beras memiliki beberapa khasiat diantaranya adalah :

  1. mencerahkan kulit wajah dan kandungan tiamin atau vitamin B1 dapat melembabkan dan mempertahankan kesegearan kulit.
  2. Meningkatkan produksi kolagen dan berfungsi dalam menjaga elastisitas kulit.
  3. Struktur kimia beras member kontribusi pada proses regenerasi dan pertumbuahan sel kulit yang telah rusak atau mati.
  4. Beras mengandung zat oryzanol yang mampu membantu memperbaharui pigmen melain kulit dan berguna menangkal serangan sinar ultra violet
  5. Vitamin E pada beras bermanfaat menutrisi kuit sehingga tampak lebih muda.
  6. Kandungan asam ferulat dalam beras berfungsi sebagai anti oksidan dan dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

Selanjutnya adalah umbi bangkuang, menurut buku Rainbow diet yang ditulis oleh tim sarasvati umbi bengkuang mengandung hormone fitoestrogen yang sangat diperlukan wanita terutama wanita yang udah berusia senja karena produksi hormone esterogen sudah terhenti saat  menopause. Fistorogen ini mampu mempertahankan keelastisan kulit, kekuatan tulang dan tubuh tetap fit. Dalan mekcantikan bengkuang berfungsi untuk mencerahkan, mendinginkan kulit dan mengatasi gatal gatal karena adanya kandungan antiseptic didalamnya untuk mengencangkan kulit.

Berbagai jenis bunga digunakan sebagai pengharum untuk bedak dingin, selain sebagai pengharum berbagai jenis bunga ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Seperti bunga mawar memiliki khasiat mengatis  inflamasi, menjaga dan mempercantik kuilt, aroma yang dilekuarkan dapat mengurangi stress. Sedangkan kandungan bunga melati dapat menjadi anti radang dan bengkak.

Dengan pengetahuan mengenai bahan bahan dan manfaat yang digunakan untuk bedak dingin.


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published