Kulit Kering? Karena apa?

face Skin skin care Skin Protection SPF Tips Trick wajah

Kulit kering adalah kondisi umum pada kulit yang terjadi akibat kekurangan cairan pada lapisan laping luar pada kulit. Bagian tubuh yang terbuka, seperti lengan, tangan, dan kaki adalah area yang paling rentan mengalami gangguan ini., ciri ciri kulit kering adalah pori yang hampir tidak terlihat, terlihat kusam dan kasar, elastisitas kulit berkurang, garis garis halus pada wajah lebih terlihat, terdapat bercak merah, kulit busik jika di garuk. Sedangkan kulit kering pada bagian bibir ditandai dengan terkelupasnya lapisan bibir atau bisa juga bibir pecah pecah.

 Kulit kering atau xerosis bisa dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin.Sering kali kita mengalami kekeringan kulit akan tetapi tidak mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Nah pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai kulit kering dan bagaimana cara mengatasinya.

Kulit kering dialami oleh beberapa factor yaitu internal dan eksternal. Factor internal adalah factor yang berasal dari dalam. Berikut adalah factor internal yang menyebabkan kulit kering.

  1. Pertambahan usia. Dengan factor ini kelembaban setiap orang yang sudah tua semakin menurun, Selain itu kulit akan mengalami kondisi dimana keelastisitasan kulit berkurang yang disebabkan mengurangnya produksi minyak pada wajah dan menjadikan kulit menjadi kering.
  2. Faktor genetic atau keturunan. Hal ini bisa terjadi apabila kondisi kulit kedua orang tua kering dan akhirnya menurun ke anaknya. Selain itu struktur dan komposisi kulit kering berbeda dengan kulit normal, sehingga akan meningkatkan kelainan kulit.
  3. Penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering. Ada beberapa kelainan kulit yang menyebabkkan kondisi kulit menjadi kering seperti psoriasis (peradangan pada kulit), dermatitis atopic, kelaian kelenjar tiroid, diabetes. Untuk kondisi kulit kering pada beberapa penyakit perlu konsultasi dari dokter.

Selanjutnya adalah factor eksternal yang menyebabkan kulit menjadi kering :

  1. Cuaca dingin atau tingkat kelembapan suatu ruangan rendah. Indonesia merupakan Negara tropis yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, penggunaan Air Conditioner suatu hal yang sangat wajar terutama di dalam ruang tertutup, akan tetapi penggunaan AC dapat menyebabkan kulit menjadi kering karena kehilangan kelembapan kulit.
  2. Terlalu sering mandi air panas, kondisi ini terjadi karena air panas bisa mengganggu kelenjar minyak pada kulit dan mengakibatkan kulit menjadi pecah pecah dan tentunya kering.
  3. Penggunaan bahan antiseptic pada sabun secara berlebihan. Penggunaan antiseptic saat mandi dapat menyebabkan kulit menjadi kesat. Akan tetapi kondisi kulit kesat bekan berarti kulit bersih melainkan tanda lapisan kult berminyak mulai berkurang dan menjadi kering.
  4. Mengonsumsi obat tertentu, dapat menyebabkan kulit kering. Contoh obat yang dapat menyebabkan kulit kering adalah obat jerawat, darah tinggi dan kolesterol.

Lalu bagaimana cara menyelesaikan masalah kulit kering? Hal yang harus diperhatikan adalah menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan hand and body lotion secara rutin terutama saat berada didalam ruangan ber-AC . Untuk wajah kamu perlu menggunakan moisturizer lotion yang dapat melembapkan kulit wajah. Dan untuk melembabkan bibir, kamu bisa menggunakan lip balm.


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published