Pagi, Siang Sore, Malam? Mana riasan yang cocok untukmu sesuai aktivitasmu?

Riasan wajah (makeup) memiliki tujuan untuk mempercantik diri dan meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri. Akan tetapi untuk hasil yang maksimal perlunya pengetahuan tentang pengaplikasian makeup menurut waktu dan keadaan. Diantaranya :

  1. Tata rias wajah (makeup) sehari hari

        Tata rias wajah ini digunakan untuk kegiatan di pagi atau siang hari, digunakan untuk meningkatkan  performa diri sehingga terlihat segar. Biasanya untuk tata rias wajah sehari hari menggunakan warna yang lembut.

       Penggunaan foundation cukup dengan satu layer (lapis), foundation yang digunakan adalah foundation cair  atau liquid yang sifatnya ringan saat diaplikasikan ke wajah. Shading yang sebaiknya digunakan adalah shading luar, warna yang digunakan juga tidak terlalu gelap.

       Warna eyeshadow yang digunakan juga warna warna lembut  seperti pink soft, coral, cream, coklat muda. Biasanya penggunaan eyeshadow untuk riasan wajah sehari hari hanya menggunakan satu warna, tidak dikombinasikan dengan warna lain. Penggunaan eyeliner cukup dengan dibagian line atas mata dan bentuknya mengikuti line atas mata. Bulu mata yang digunakan adalah bulu mata tipis yang berguna untuk menambah volume mata atau bisa hanya menggunakan mascara.

      Selanjutnya adalah warna alis, untuk alis yang sudah tebal alis cukup dirapihkan dan untuk alis yang tipis penggunaan pensil alis adalah pilihan yang tepat, warna yang digunakan bisa warna coklat atau pun hitam dengan catatan pengaplikasikan tidak terlalu pekat dan terkesan natural, bentuknya sesuai dengan alis asli . Blush on yang digunakan adalah blush on yang berwarna pink soft atau coral, tidak terlalu mencolok dan pipi nampak merona terlihat segar. Warna lipstick yang baik digunakan untuk tata rias warna ini adalah warna soft yang menyesuaikan dengan warna kulit seperti warna cream, soft pink.

  1. Tata rias wajah (makeup) malam

      Makeup malam digunakan untuk acara malam, yang memliki karakteristik terlihat natural akan tetapi penggunaan kosmetiknya lebih tebal. Tujuan dari pemakaian tata rias wajah malam adalah untuk membuat wajah tampak cantik dan tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama ataupun dengan pencahayaan yang kurang.

     Penggunaan foundation untuk makeup ini biasanya bisa menggunakan foundation liqud dengan tingkatan High Coverage atau medium coverage selain itu foundation jenis cream juga dapat digunakan untuk menutupi kekurangan kekurangan pada wajah.  Shading yang digunakan adalah shading dalam dengan warna yang satu  tingkat lebih gelap dari warna foundation.

      Warna eyeshadow yang digunakan adalah warna warna kombinasi antara warna soft (pink, cream dan warna coklat muda), warna gelap (coklat gelap, hitam) dan warna perantara (coral, merah). Eyeliner yang digunakan dapat membentuk sudut dibagian ujung atau biasa disebut eyecat atau penggunaannya bisa sedikit lebih tebal dari tata rais wajah sehari hari. Sedangkan untuk bulu mata bisa menggunakan bulu mata dengan ketebalan medium.

      Blush on yang digunakan adalah warna pink yang agak tua, sehingga saat malam, riasan wajah jadi terlihat. Selanjutnya pensil alis yang digunakan adalah yang berwarna gelap seperti coklat gelap ataupun hitam.

      Lipstick yang digunakan adalah yang berwarna gelap dapat berwarna merah gelap, warna coklat gelap ataupun warna pink magenta.

  1. Tata rias (make up) panggung

        Make up panggung adalah tat arias wajah yang digunakan untuk berbagai aktififitas diatas panggung atau pentas seperti penari, penyanyi yang membutuhkan penampilan yang dapat terlihat dari jarak yang jauh. Foundation yang digunakan bisa foundation liquid dengan tingkatan High Coverage atau foundation cream yang dapat menutupi kekurangan pada wajah. Shading yang digunakan adalah shading  dalam, dapat berwarna lebih gelap dan tegas digunakan pada bagian bagian wajah yang tampak berlebihan, seperti rahang, hidung, bawah pipi. Pada tat arias ini dianjurkan juga menggunakan Tinting yang berfungsi untuk menonjolkan bagian bagian wajah seperti T zone.

        Sedangkan warna eyeshadow yang digunakan adalah warna warna gelap dan mencolok, seperti warna hitam, warna emas, warna hijau, dan warna biru, warna merah dan coklat juga bida digunakan sebagai warna perantara (pembaur). Eyeliner yang digunakan penuh di line mata atas dan line mata bawah agar bentuk mata dapat terlihat jelas. Eyeliner cair juga dapat digunakan agar memperjelas bentuk mata. Bulu mata yang dipakai sebaiknya bulu mata yang tebal.

        Selanjutnya adalah alis, menggunakan warna hitam dan dibentuk agak meninggi dari alis asli sehingga wajah tampak tegas dan tidak lesu. Blush on yang digunakan adalh blush on denagan warna pink yang mencolok atau warna orange yang mencolok, sedangkan untuk lipstick sebaiknya menggunakan lipstick berwarna merah atau pink terang.

Semoga artikelnya bermanfaat


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published