Paparan Sinar Matahari? Tenang ada SPF

Cantik Daily Lips Lipstick MUA Skin SPF Tips tools Trick wajah

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor merupakan sebuah produk yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung UV A dan UVB. Bagi kalian yang memiliki aktifitas sering keluar rumah dan terpapar sinar matahari sebaiknya menggunakan kosmetik pelindung kulit yang mengandung SPF. Selain proteksi pada kulit SPF juga memiliki fungsi lainya seperti:

  1. Sebagai bahan utama untuk krim dan sunblock
  2. Menjaga kesehatan kulit
  3. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi
  4. Menjaga kulit dari sinar ultraviolet
  5. Menjaga kelembapan kulit
  6. Mencegah terjadinya kulit terbakar
  7. Mencegah kelainan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.
  8. Mencegah iritasi kulit.

SPF memiliki beberapa tingkatan dalam perlindungannya seperti SPF 15, SPF 30, SPF 50 dst. Jika tidak menggunakan kosmetik yang mengandung SPF, kulit akan terbakar sinar matahari dengan jangka waktu 10 menit. Apabila menggunakan kosmetik yang mengandung SPF kulit akan mendapat perlindungan sesuai tingkat SPF yang digunakan. Sebagai contoh penggunaan SPF 15, kulit akan mendapatkan perlingungan 15 kali lebih lama dari waktu kulit akan terbakar dengan sinar matahari, yang berarti 150 menit dari penggunaan kosmetik mengandung nSPF.

Setiap SPF memiliki tingkat proteksi terhadap matahari dengan kisaran angka diatas 90% akan tetapi dengan angka yang berbeda, waktu perlindungannya juga berbeda. Semakin tinggi angka dibelakang SPF maka waktu proteksi suatu kosmetik akan lebih lama. Lalu bagaimana cara penggunaannya yang baik? sebagai contoh Trisia Soybean Day Cream SPF 18 memiliki waktu perlindungan selama 180  menit atau sekitar 3 jam. Bagi yang beraktifitas terpapar sinar matahari selama lebih dari 3 jam maka dianjurkan menggunakan kosmetik kembali setelah 3 jam atau sebelum 3 jam. Hal ini akan mengoptimalkan perlindungan pada kulit.

Jadi dengan artikel ini kamu tidak akan bingung lagi dalam penggunaan  kosmetik yang terdapat SPF. Semoga bermanfaat.


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published